Kelelahan pada Saat Hamil

25 Feb

Tips Mengatasi Badan Lelah  Setelah Melahirkan. Lelah saat hamil? Bagi anda yang sudah mempunyai anak lebih dari satu mungkin sudah biasa, dan lebih cepat menyesuaikan diri. Namun bagaimana dengan ibu hamil yang pertama kali? Hamil pertama kali bagi ibu yang belum pernah mempunyai pengalaman hamil pasti sangat melelahkan.

Kelelahan pada saat hamil ini disebabkan oleh factor alami karena meningkatnya hormone kehamilan. Membawa bayi dalam kandungan anda dan memenuhi kebutuhan gizinya, merupakan hal yang sangat menguras energi. Terlebih lagi jika anda salah satu wanita karir yang mengharuskan bekerja saat hamil. Kelelahan saat hamil juga bisa disebabkan oleh anemia.

Bagaimana cara mengatasi lelah pada saat hamil? Berikut idebunda akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi kelelahan saat hamil:

Perbanyaklah istirahat. Tidur lebih awal, bangun lebih awal, dan juga istirahat siang hari dapat membantu anda mengatasi kelelahan.
Imbangi istirahat dengan melakukan olahraga ringan. Karena olahraga dapat membantu merangsang sirkulasi darah serta mengedarkan oksigen dan zat makanan ke seluruh tubuh anda.
Ubahlah pola makan anda jika anda mengalami anemia. Konsumsi suplemen atau zat besi untuk membantu memulihkan kondisi anemis anda.
Cobalah untuk sebisa mungkin memvariasikan posisi dan aktivitas anda. Jika pekerjaan anda menuntut anda untuk banyak berdiri, maka luangkan waktu untuk duduk dengan kaki dinaikkan. Akan tetapi sebaliknya, jika pekerjaan anda menuntut anda untuk lebih banyak duduk, maka cobalah untuk berdiri dan berjalan-jalan sebentar setiap jamnya.
Cobalah untuk melakukan segala sesuatu dengan efisien. Jangan takut untuk membagi pekerjaan dan beban anda dengan anggota keluarga yang lain karena anda tidak selalu menjadi ibu yang super.

Artikel Terkait Kelelahan pada Saat Hamil

Pemekaran Pembuluh Darah

Mengapa bisa terjadi pemekaran pembuluh darah saat hamil? Pembuluh darah di kaki anda bisa melebar karena pengaruh besarnya sirkulasi darah dan juga tekanan yang disebabkan perkembangan rahim. Pemekaran pembuluh darah biasanya terjadi pada pertengahan hingga …
Tips untuk Mengatasi Menstruasi yang Lama dan Banyak

Anda mungkin adalah orang pernah mengalami masalah klasik dalam menstruasi yaitu menstruasi dalam waktu yang lama (> 2 minggu). Sebaiknya jangan sepelekan masalah tersebut karena darah menstruasinya bisa dicurigai sebagai darah penyakit seperti mioma uteri …
Cara Merawat Anemia

Jika anda mengalami anemia pada saat kehamilan, sebaiknya anda menjaga kondisi tubuh dengan sangat baik. Karena ibu hamil dengan anemia kondisi tubuhnya lebih lemah dibandingkan dengan ibu hamil normal. Ibu hamil yang mengalami anemia akan …
Kebutuhan Fisik Ibu Hamil Trimester I, II, dan III

Apa saja kebutuhan fisik ibu hamil selama masa kehamilannya? Berikut ini idebunda akan membahas tentang kebutuhan fisik ibu hamil trimester I, II, dan III: Aktivitas fisik. Aktivitas fisik yang diperlukan ibu hamil adalah istirhat selama …
Tips Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil

Apakah anda termasuk salah satu ibu hamil yang mengalami sakit/nyeri punggung saat hamil? Mungkin diantara anda bertanya-tanya apa yang menyebabkan nyeri tersebut. Nyeri punggung memang menjadi keluhan yang sering diutarakan oleh ibu-ibu hamil. Terutama pada …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: